Selasa, 17 Januari 2012

Recovery Nitebook Acer

Anda yang membeli Netbook terutama seri Acer tentu saat menerima barang sering bertanya, Mana CD Recovery Windows-ya? (pada merk HP, Lenovo dan lainnya juga ada yang tidak menyediakan CD Recovery).
CD Recovery untuk netbook (bahkan juga di Notebook) yang terinstall original O/S (7/Vista atau XP) sebenarnya sudah disimpan didalam HDD dalam Partisi yang disembunyikan. Kita bisa membuat CD Recovery nya dengan menjalankan software CD Recovery yang disertakan dalam Preinstalled O/S yang sudah jalan di Netbook/Notebook.
Sebaiknya setiap membeli Netbook/notebook yang sudah terintegrated O/S di HDD dan tanpa disertai CD Recovery, maka kegiatan paling awal sekali sebelum menginstall Software lain dan modifikasi O/S adlah membuat CD Recovery. Dengan harapan bila suatu saat HDD bermasalah (baik fisik atau Software) masih ada backup CD Recovery yang bisa digunakan untuk instalasi O/S.
Selain melalui CD Recovery, kita dapat juga menginstall ulang O/S melalui setup awal setelah BIOS aktif di Netbook atau Notebook, yaitu dengan cara menekan beberapa tombol kombinasi.
Berikut tombol kombinasi Untuk ACer dan beberapa netbook lain

ALT + F10 (tekan bersamaan)
Sesaat setelah masuk BIOS menjelang Masuk Windows, segera tekan bersamaan Tombol ALT + F10 ini.
Bila timingnya tepat maka anda akan masuk menu recovery/restore O/S yang ada di dalam HDD.
nanti akan ada pilihan,
menghapus semua dan menginstall ke kondisi Default dengan semua data akan dihapus,
atau pilihan hanya menginstall O/S nya saja dengan data tetap dipertahankan.
Demikian semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar